Cara Penangkaran Burung Kacer Yang Baik

Cara/Tips Penangkaran Burung Kacer Yang baik/Benar

Cara Penangkaran Burung Kacer Yang Baik

Penangkaran atau berternak burung kacer memang susah-susah gampang, banyak sekali yang mencari penangkaran burung kacer dari penangkaran kacer sangkar gantung, penangkaran kacer poci, penangkaran kacer jawa dan masih banyak lagi yang mencari cara atau tips ternak kacer yang baik dan benar.
banyak sekali faktor yang sangat penting dalam kesuksesan penangkaran/membudidayakan kacer ini dari sangakar, makanan, perawatan dan juga kebersihan juga harus di perhatikan, BACA JUGA : Cara memandikan atau menjemur kacer yang benar

Cara Menangkar Burung Kacer



  • memilih induk kacer - ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih induk burung kacer :

    1. induk jantan atau betina harus berfisik sehat tidak ada cacat.

    2. induk jantan atau betina harus memiliki suara bagus agar nantinya mwnghasilkan anakan yang bagus juga.

    3. untuk induk betina seharusnya berumur 2 tahun ke atas sedanglan induk jantan berumur 1 tahun kr atas itu umur yang bagus buat ternak agar nantinya akan menghasilkan yang bagus.

  • Pakan/Makanan - pakanan atau makanan dalam masa penangkaran harus di atur agar nantinya birahi burunf kacer naik dan akan menyebabkan ketertarikan dengan lawan jenisnya.Makanan Yang Bagus Saat Penangkaran Burung Kacer
    1. jangkrik
    2. Kroto
    3. ulat hongkong
  • Proses Penjodohan - hal pertama dalam proses penjodohan kacer pertama kalian masukan kacer berina kedalam sangkar sampai kacer betina merasa nyaman dan kalau sudah nyaman kalian bisa memasukan kacer jantan jangan langsung di satukam tapi halangi dulu menggunakan kawat, atau bisa juga dengan mendekatkan sangkar kacer betina dan kacer jantan.Biasanya dalam waktu 1 - 2 minggu kalian bisa menuatukan kacer kalian tapi tetap harus dalam pengawasan anda, kalau burung kacer merasa belum jodoh maka akan ada reaksi seperti ini.

    1. kacer jantan dan betina akan bersahut-sahutan.

    2. burung kacer jantan akan berkicau untuk menarik kacer betina.

    3. kalau kacer betina dan jantan di satukan dalam satu sangkar tidak bertengkar.

  • Sangkar/kandang - kandang yang sangat ideal buat penangkaran adalah 90 x 90 x 150cm atau bisa juga 100 x 100 x 200cm, bahan yang di gunakan bisa menggunakan batako, temboknya tidak usah diplester untuk memberikan rasa nyaman buat kacer kalian dan buat kelembaban kandang terjaga.

    kalau bagian depan bisa menggunakan kawat agar nantinya memudahkan kalian buat cek burung kacer kalian.

    membuat pintunya juga harus benar buatlah pintu 2-3 pintu nantinya buat membersihkan kandang, memberikan makanan/pakan, Membersihkan kandang dan pintu tersebut harus aman biar nanti burunf tidak kabur.Yang harus di sediakan di kandang

    1. Kandang
    2. Keramba
    3. Tempat Makan4. Tempat Minum

  • Pada Saat Bertelur - Kalau burung berjodoh dan bertelur berikan terus memberikan perhatian khusus apabila kacer betin stres.

    suara bising dan suara manusia juga bisa mengganggu mengerami telurnya dan bisa sampai merusak telurnya.

nah itulah beberapa tips/cara penangkaran kacer yang baik dan benar, ini khusus buat pemula yang masih bingung caranya gimana, cara di atas bisa kalian lakukan agar menghasilkan anakan yang baik dan bagus.

Terimakasih sudah membaca Cara Penangkaran Burung Kacer Yang Baik, Salam kicau mania.

Load disqus comments

0 komentar