Cara Mudah Cepat Menjinakkan Burung Ciblek

cara menjinakkan ciblek dengan cepat

Burung ciblek memang tidak sepopuler birung kicau lainnya seperti lovebird, kenari dan burung kicau lainnya tapi buat ciblek mania mungkin mencari cara menjinakan ciblek.


Menjinakan ciblek sama saja dengan menjinakan burung kicau lainnya.


Cara Mudah Cepat Menjinakn Burung Ciblek


Berikut ini beberapa langkah untuk jinakan ciblek yang bisa anda lakukan di rumah.

Cara Menjinakan Ciblek


  • Strategi pemberian pakan


    Memberikan pakan pada burung ciblek bisa menjadi salah satu cara agar ciblek mudah jinak. Caranya adalah kosongkan makanan di dalam sangkar pada saat menjelang malam dan biarkan sampai pagi hari. Tujuannya adalah agar ciblek kelaparan keesokan harinya. Nah pada saat itulah anda mencoba memberi makan ciblek berupa ulat hongkong putih dengan menggunakan lidi kemudian anda masukkan dalam sangkar. Jika ciblek belum mau makan, tundalah dulu dan lakukan 5-10 menit kemudian, dan begitu seterusnya. Namun jika sampai pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah ulat hongkong di tempat makanan dalam sangkar dan tinggallah. Lakukan itu setiap hari sampai ciblek tidak takut lagi dengan anda. Tujuan dari strategi ini adalah agar ciblek merasa sangat kelaparan sehinga membutuhkan manusia (pemiliknya) untuk mendapatkan makanan.

  • Menaruh sangkar di tempat yang ramai


    Burung ciblek yang liar akan takut dan terbang kesana-kemari saat melihat manusia, dan itu sangat wajar. Untuk menjinakkan ciblek liar, anda bisa menaruh sangkar ciblek di lokasi yang ramai, banyak orang yang lewat (lalu-lalang), ketingian sedang saja tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek yang penting aman dari predator dan pencuri. Hal ini bertujuan agar ciblek terbiasa dengan keramaian dan manusia sehinga mudah jinak. Ini untuk melatih mental ciblek, jadi jangan ragu untuk melakukan ini

  • Dimandikan sampai basah kuyup


    Ciblek liar agar selalu kelabakan saat melihat tuannya / manusia, untuk itu anda bisa memandikannya setiap pagi dan sore. Memandikan ciblek liar cukup ekstrem, yaitu dengan memandikan sampai basah kuyup dan kedinginan sampai si ciblek tidak terbang-terbang lagi. Setelah dimandikan biarkan saja sampai bulunya agak kering. Setelah dimandikan burung biasanya akan merasa lapar, nah saat itulah anda memberikan makanan berupa ulat hongkong dengan tangan anda secara langsung. Jika ciblek sudah mau mengambil UH di tangan anda maka itu menunjukkan proses penjinakan mulai membuahkan hasil. Tetapi jika belum mau, maka anda bisa mencobanya lagi. Yang penting jangan mudah menyerah untuk menjinakkan burung ciblek.

Memang cara-cara di atas terlihat sedikit ekstrem, tetapi semua itu adalah berdasarkan pengalaman para kicaumania yan telah lama berkecimpung di dunia burung. Jadi jangan sampai anda ragu melakukannya, terus lakukan cara di atas sampai ciblek kalian jinak.

terimakasih sudah membaca TIPS MENJINAKKAN BURUNG CIBLEK DENGAN CEPAT dan semoga bisa bermangaat, Salam kicau mania.

Load disqus comments

0 komentar