Cara Memandikan Kenari Yang Baik Dan Benar

TIPS MEMANDIKAN KENARI YANG BAIK DAN BENAR


Cara Memandikan Kenari Yang Baik Dan Benar


BACA JUGA : MP3 SUARA BURUNG KENARI SPANISH TIMBRADO NGEROL PANJANG


di habitatnya kenari suka sekali mandi bahkan seriap hari kenari bisa mandi, dengan mandi bulu kenari bisa bagus dan biar mengurangi kegemukan kenari itu sendiri.


gimana kalau kenari sangkar atau kenari yang kita pelihara mandinkannya


Ada 2 cara memandikan kenari pertama yaitu dengan menggunakan sprayer (semprotan) yang kedua dengan menggunakan tempat mandi (tempat air minum berukuran besar) atau juga bisa menggunakan keramba mandi. Memandikan kenari anakan juga bisa tetapi waktunya cukup pagi hari saja. Terkadang juga ada yang
memandikan kenari dengan air hangat saat malam , tetapi pastikan air tidak terlalu panas hanya suam-suam kuku saja.


MEMANDIKAN KENARI DENGAN SEMPROTAN


  • Pertama perhatikan lingkungan dan kondisi kenari, apakah dalam kondisi prima atau sedang sakit. Jika dalam kondisi bulu keatas atau sedang lesu sebaiknya jangan dimandikan terlebih dahulu, jika kondisi lincah dan bugar silahkan dimandikan. Perhatikan juga lingkungan sekitar, cuaca terutama, jika sehabis hujan dan masih mendung jangan dimandikan lebih dulu, jika cerah silahkan dimandikan.
  • Waktu normal memandikan kenari adalah pagi (07-09) dan sore (15-16). Tetapi ada kalanya kenari kita perlu dimandikan siang dan malam yaitu saat konsisi over birahi.
  • Keluarkan kandang, bersihkan kotoran dan sisa makanan dalam sangkar, lalu keluarkan pakan dan air minum kenari agar tidak terkena air semprotan.
  • Setel semprotan agar keluarnya halus, lalu mulai semprotkan pada kenari dalam kandang, semprotkan arahkan ke badan dan sayap kenari jangan sampai diarahkan kemata yah. Jangan juga menyemprot kenari dari arah depan lakukan dari arah lainnya.
  • Setelah air dalam sprayer habis setengah atau kenari sudah basah kuyub maka kita angin-angin dulu ditempat sejuk jangan langsung di jemur, tunggu sampai air pada bulu kenari turun, setelah itu baru dijemur. Ini dilakukan supaya bulu kenari tidak pecah nantinya.
  • Jemur sekitar kurang lebih 1-2 jam, sampai benar-benar kering.
  • Setelah kering masukkan kembali pakan kenari dan bisa diberi sayuran kesukaannya
.


CARA MEMANDIKAN BURUNG KENARI DENGAN CEPUK


Kedua adalah memandikan kenari dengan cepuk ukuran besar. Ini masalah kebiasaan sebenarnya, karena jarang sekali kenari mau mandi sendiri dalam cepuk (wadah besar).


  • Langkah 1-3 kita samakan dengan cara diatas.
  • Siapkan cepuk ukuran besar, biasanya untuk pakan ayam atau wadah lainnya. Isi air dan masukkan kedalam kandang kenari.
  • Biarkan kenari mandi dengan sendirinya dalam cepuk.
  • Jika masih tidak mau mandi kita bisa memancingnya dengan sedikt menyemprotkan air pada bulunya.
  • Jika kenari sudah selesai mandi bisa diambil kembali cepuknya.


Jika kenari anda adalah tipe kenari yang suka mandi sendiri maka anda beruntung tidak usah repoy repot menyemprotkan air. Tapi bagi penghobi sih tidak ada kata cape yah, yang ada sangat senang sekali saat kenari mandi dan kenari kita akan gacor.


Terimakasih sudah membaca CARA MEMANDIKAN KENARI MENGGUNAKAN SEMPROTAN DAN CEPUK, Salam kicau mania.

Load disqus comments

0 komentar